19 November 2008

No Body care

ini adalah keluh kesah ngeblog untuk pertama kalinya...

baru beberapa bulan ini aku belajar ngeblog sekarang baru tahu angin yang berhembus ternyata cukup besar, apalagi bila niatnya mencari uang lewat blog (itu bukan angin lagi tapai badai...)

1. ternyata mencari trafic itu susah juga ya. mungkin karena aku nol pengalaman soal urusan internet beginian. ibarat toko yang baru buka (dengan semangat yang menggebu) lalu setelah beberapa bulan ternyata tidak ada yang membeli (melihat-lihat) membuat yang mpunya patah arang. Oh well namanya juga newbee, asal tidak patah arang pasti ada saja jalannya. Perahu yang bernama pencarian makna ini akhirnya sampai pada pemberhentian pertamaku yaitu "keputusasaan", sejauh mana aku bisa menangani hal ini menentukan dimana pemberhentianku berikutnya. What a tiring journey indeed...

2. setelah ngeblog baru aku sadari betapa luasnya dunia internet ini. ada berjuta-juta blog yang sering direview orang-orang. dan mungkin lebih banyak lagi blog yang sepi pengunjung ( seperti punyaku ini). Mengapa mereka tidak mau melihat punyaku? Perasaan ini sering membuat aku down (thingking my self about how insignificant I am in this world). Ada tiga asumsi yang aku punya. pertama, mereka tidak tertarik dengan isinya. kedua, mereka tidak tahu eksistensi blog ini. Ya gimana bisa tahu kalo di gugle aj g ketemu, blogwalking aja g tau. Ketiga, menurutku apa urusannya orang-orang melihat blogku, bila memang tidak menarik?.
Well, semua memang butuh proses dan tidak perlu protes bila blog sepi pengunjung. masih banyak yang perlu diperbaiki, masih banyak yang perlu ku bagi agar orang-orang tertarik bertandang kemari. lagi pula, No body can run before they can walk. Yang artinya, semua orang juga pasti mengalami hal yang sama seperti aku saat membuat blog pertama kali. Jadi whats the poin of sulking and crying ??

3. ternyata persepsi awal yang dipengaruhi semangat menggebu untuk ngeblog sering salah kaprah. yang penting disini konsistensi dan promosi (itu yang coba aku pelajari sekarang).

LESSONS :
Anyway, inilah beberapa poin yang penting yang aku pelajari dari kesalahanku untuk diketahui oleh newbee blogger bila ingin sukses ngeblog

a. pilih namanya yang singkat, padat, jelas dan mencerminkan isinya. Sudah tabiat orang indonesia bila mencari informasi di internet pengen gampangnya saja. tinggal buka gugle lalu ketik apa yang dimau. boro-boro menghapal alamat blog kita, memanfaatkan fasilitas bookmark dan RSS aja belum semua ngerti.... (at least thats how my experience did)

b. isi blog kamu dengan sesuatu yang mungkin dicari orang-orang. Logikanya, ngapain capek2 bikin diary yang di online-kan bila kamu malu bila dibaca orang. lagi pula, ngapain juga orang-orang ngeliatin blog kamu bila isinya "g penting" buat yang baca. Kasarannya, Sapa Loe... Seleb bukan, Pejabat apa lagi...

c.sering-sering blog walking dan tinggalin komen. sapa tau aja ada yang nyangkut ke blog kamu. dan siapa tau juga om gugle ngelirik blog kamu untuk dimasukan di listing mereka.

d.work with heart. inti dari blog adalah pencurahan perasaan dan pikiran. jadi bisa dibilang self powered by hoby and motovation. Perkara tidak dilirik orang bukan masalah jika niat awalnya adalah untuk sharing pengetahuan, bukan mencari popularitas (apalagi uang). Menurutku popularitas dan teman itu bisa didapat sendiri bila kita rajin ngeblog dan bertandang ke blog orang lain juga.

1 komentar:

Nina Dyanti mengatakan...

Betul seratus.terusin aja mgebloknya mas,feelingku km bisa jadi juara ngeblog sekecamatan dech