02 Februari 2009

Why It Must Be Plagiatism ?

Sekedar uneg-uneg saja. Dijaman Internet ini semua informasi sudah jauh lebih mudah dan praktis didapatkan dibandingkan jaman dulu. Segi positifnya, informasi mudah didapat,negatifnya orisinalitas menjadi menurun. Banyak yang cuma copy-paste materi di internet tanpa diolah lagi. Hasilnya, kapan intelektualitas seseorang bisa maju ?
Memang benar bila kita tidak bisa mengelak untuk meniru ide orang lain untuk berkembang. Tetapi mengapa hanya meniru, itukan hanya membuat kita menjadi masyarakat peniru. Mengapa tidak mengolah tiruan itu dan menggabungkan dengan ide kita agar menjadi orisinil agar karya kita sulit ditiru.

“Tantangan bagi setiap orang adalah bagaimana membuang ide lama yang menghalangi realisasi ide baru bukan bagaimana menggagas ide baru”

Aku sendiripun banyak terinspirasi oleh tulisan orang lain di internet, tapi untuk menyadurnya begitu saja kedalam blogku itu persoalan lain. Blog itukan sebenarnya juga alat untuk melatih kemampuan kita mengolah informasi dan kecakapan menulis. Jadi kenapa harus mengesankan pembaca dengan kecanggihan tulisanmu bila itu saduran tulisan orang lain ? Perbaiki sedikit demi sedikit, walau jelek tapi orisinil. Permasalahan lain akan terselesaikan dengan sendirinya seiring pengalaman mengajari kita.

Ada perkataan yang aku pelajari dari buku. Katanya, masalah adalah kesempatan untuk belajar sesuatu yang baru. Kita tak bisa lari dari masalah selama nafas masih meniup ruh kita. Katanya lagi, masalah adalah kebalikan kebahagiaan. Cepat lambat, dimanapun, siapapun manusia itu pasti memiliki masalah. Ibarat roda kehidupan, kadang kita diatas kadang dibawah. Percaya atau tidak, pola berpikir menentukan bagaimana masalah itu diselesaikan. Karena itu, tidak ada orang sukses di dunia ini yang tanpa masalah begitu pula dengan orang-orang super kaya(ya setidaknya dia kan punya masalah bagaimana cara menghabiskan uangnya).

aku kira segini dulu.... tobe continued ?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

“Tantangan bagi setiap orang adalah bagaimana membuang ide lama yang menghalangi realisasi ide baru bukan bagaimana menggagas ide baru”

Aku suka!!